Senin, 15 April 2013

RUANG LINGKUP IPA




1.      Alam semesta dan isinya
Allah SWT menciptakan jagat raya ini melalui beberapa proses tahapan dan jangka waktu. Manusia diajarkan untuk berpikir bagaimana proses terjadinya bumi dan langit.

2.      Teori alam semesta
a.       Hipotesis nebula
Teori ini dikemukakan oleh Immnuel Kant (1724-1804) pada tahun 1775. Kemudian disempurnakan oleh Pierre Marquis de Lapplace. Oleh karena itu teori ini dikenal dengan Hipotesis nebula Kant-Lapplace.
Pada tahap awal tata surya masih berupa  kabut raksasa yang terbentuk dari debu, es, dan gas yang disebut nebula. Unsur gas sebagian besar berupa hydrogen. Karena gaya gravitasi yang dimilikinya, kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu. Akibatnya, suhu kabut memanas dan akhirnya menjadi bintang raksasa yang disebut matahari. Matahari raksasa terus menyusut dan berputar semakin cepat, dan cincin gas dan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentuk planet dalam dan planet luar. Laplace berpendapat bahwa orbit berbentuk hampir melingkar dari planet-planet merupaka konsekuensi dari pembentukan mereka.
b.      Hipotesis planetisimal
Hipotesis ini dkemukakan oleh Thomas C. Chamberlain dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Hipotesis ini mengatakan bahwa tata surya kita terbentuk akibat adanya bintang lain yang hampir menabrak matahari.
c.       Hipotesis pasang surut bintang
Dikemukakan oleh James Jean dan Herold Jaffries pada tahun 1917. Hipotesis pasang surut bintang sangat mirip dengan hipotesis planetisimal. Namun perbedaannya terletak pada jumlah awalnya matahari.


d.      Hipotesis kondensasi
Dikemukakan oleh  G.P.Kuiper (1905-1973) pada tahun 1950. Hipotesis kondensasi menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.
e.       Hipotesis bintang
Dikemukakan oleh Fred Hoyle (1915-2001) pada tahun 1956. Hipotesis ini mengemukakan bahwa dahulunya tata surya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya dan berdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihan kecil.
f.       Hipotesis big bang
Hipotesis ini menyatakan bahwa jagat raya dimulai dari satu ledakan besar dari materi yang luar biasa.

3.      Anggota-anggota system tata surya
a.       Matahari
b.      Planet
c.       Satelit
d.      Asteroid
e.       Komet
f.       Meteor
g.      Materi antar planet
Sumber: http:/id.m.wikipedia.org/wiki/Tata_Surya
             http://rene-wulan.blogspot.com/2012/04/ruang-lingkup-ipa-iad-tugas-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar