Minggu, 28 April 2013

Asal Mula Kehidupan di Bumi



Asal mula kehidupan di bumi. Para ilmuwan membagi periode kehidupan di bumi menjadi beberapa fase:
1.      Periode Pra-Cambria (4,6 miliar tahun – 570 juta tahun)
Periode ini merupakan periode tertua dan terlama dalam sejarah bumi. Selama periode ini, 4 miliar tahun yang lalu, kerak bumi terbentuk diikuti oleh benua dan samudera. Kehidupan muncul 500 juta tahun kemudian ketika oganisme selular yang pertama kali tampak, bersamaan dengan munculnya ganggang dan bakteri.
2.      Periode Cambria (570 – 505 juta tahun lalu)
Pada periode ini berbagai kelompok hewan tak bertulang belakang muncul di laut dangkal yang tersebar di muka bumi.
3.      Periode Ordovicia (505 – 440 juta tahun lalu)
Hewan bertulang belakang pertama kali muncul pada periode ini. Terdapat koral, bunga karang, dan kerang-kerang seperti Cephalopoda dalam jumlah besar.
4.      Periode Silur (440 – 410 juta tahun lalu)
Pada periode ini muncul tanaman daratan yang pertama dan muncul ikan dengan rahang.
5.      Periode Devon (410 – 360 juta tahun lalu)
Periode ini menandai hadirnya serangga dan hewan darat pertama, amfibi. Selama periode ini keanekaragaman spesies ikan bertambah dan daratan yang sebelumnya tandus mulai dipenuhi tanaman pakis.
6.      Periode Carboniferous (360 – 286 juta tahun lalu)
Kenaikan permukaan laut memicu pembentukan rawa-rawa besar. Tumbuh-tumbuhan mati dan membusuk, membentuk lapisan yang menjadi cadangan batu bara. Binatang melata pertamakali muncul di muka bumi.
7.      Periode Permia (286 – 245 juta tahun lalu)
Pada masa ini populasi reptil mengalahkan amfibi bersamaan dengan makin keringnya iklim. Hanya ada satu benua besar pada saat itu, yaitu Pangea.

8.      Periode Trias (245 – 208 juta tahun lalu)
Benua tunggal Pangea mulai terpecah menjadi benua-benua yang ada sekarang. Mamalia, dinosaurus, dan berbagai reptil yang hidup di air mulai bermunculan.
9.      Periode Jura (208 – 145 juta tahun lalu)
Benua-benua yang terpisah membentuk ruang yang menjadikan Samudera Atlantik. Dinosaurus seperti Plateosaurus dan Brontosaurus mendominasi planet bumi. Reptil lainnya dan burung mulai bermunculan. Tanaman berbunga mulai tumbuh.
10.  Periode Kapur (145 – 65 juta tahun lalu)
Dinosaurus yang menguasai bumi pada masa ini tiba-tiba musnah di akhir periode ini. Kemungkinan penyebabnya adalah tumbukan meteor raksasa dengan bumi yang mengakibatkan musnahnya tiga perempat dari semua spesies binatang dan tumbuhan.
11.  Periode Tersier (65 – 1 juta tahun lalu)
Primate dan kera besar pertama muncul sepanang periode ini. Spesies mamalia mulai beraneka ragam, kuda, unta, badak, serta gajah mengalami evolusi. Pendinginan iklim memicu pembentukan padang rumput.
12.  Periode Kuartir (1,6 juta tahun lalu)
Periode ini ditandai oleh empat zaman es gletser mencapai maksimum 18.000 tahun lalu dan berakhir 8000 tahun kemudian. Selama periode ini, mamalia dan burung adalah spesies yang dominan. Manusia pertama yang hidup : Homo habilis, Homo erectus, Homo sapiens. Sejarah dimulai dengan penemuan tulisan 5000 than yang lalu.

Perkembangbiakan secara Seksual dan Aseksual
Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu Seksual dan Aseksual. Perkembangbiakan seksual adalah perkembangbiakan mahluk hidup melalui pembuahan atau bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sedangkan perkembangbiakan aseksual adalah perkembangbiakan vegetative atau tanpa melalui pembuahan.
Geografi kehidupan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di bumi.
A.    Faktor Biotik
1.      Aktivitas manusia
Aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap penyebaran mahluk hidup. Contohnya bila kita menebang pohon, maka florapun lama-kelamaan akan habis. Dengan habisnya flora, maka tidak ada lagi makanan untuk fauna.
2.      Flora dan fauna
Hewan membantu proses penyerbukan, tumbuhan juga berperan dalam menyuburkan tanah.


B.     Faktor Abiotik
1.      Iklim
Faktor suhu dan kelembapan sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik tumbuhan. Sedangkan matahari berperan dalam proses fotosintesis. Perbedaan iklim di suatu wilayah menyebabkan jenis tumbuhan dan hewan yang berbeda-beda.
Sumber: http://perpus13.pun.bz/awal-mula-kehidupan-di-bumi.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar