Rabu, 15 Mei 2013

Ekologi dan Kaitannya dengan Ilmu Lain


Ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos dan logos. Oikos yaitu habitat, sedangkan logos adalah ilmu. Menurut saya, ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu  interaksi yang terjadi antar mahluk hidup dengan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernest Haeckel (1834 – 1914), seorang biolog asal Jerman pada tahun 1860. Menurut Kendeiigh (1980) ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme yang satu dengan yang lainnya. Didalam Webmaster Unabridged Dictionary, ekologi disebut sebagai totalitas atau pola hubungan antara organisme-organisme dengan lingkungannya. Menurut Miller (1975), ekologi adalah ilmu mengenai hubungan timbal balik antara organisme dan sesamanya serta dengan lingkungan tempat tinggalnya. Kemudian menurut Odum (1971), ekologi adalah suatu studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem.   
Jadi, ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antara mahluk hidup maupun interaksia antara mahluk hidup dan lingkungannya.
Para ahli ekologi mempelajari hal-hal berikut:
1.      Perpindahan energy dan materi dari mahluk hidup yang satu ke yang lain ke dalam lingkungannya dan faktor-faktor penyebabnya.
2.      Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dalam faktor-faktor yang menyebabkannya.
3.      Terjadi hubungan antarspesies mahluk hidup dan hubungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya.
Ekologi dan politik
Ekologi menimbulkan banyak filsafat yang amat kuat dan pergerakan politik. Termasuk gerakan konservasi, kesehatan, dan lingkungan. Saat semuanya digabungkan dengan gerakan perdamaian dan enam asas, disebut gerakan hijau. Mengambil kesehatan ekosistem dan prioritas politik, seperti jalan untuk mencapai kesehatan manusia dan keharmonisan sosial, dan ekonomi yang lebih baik.

Ekologi dan ekonomi
1.      Lynn Margulis berkata bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat kehidupan. Studi ekologi bagaimana setiap binatang lainnya membuat kehidupan.
2.      Mike Nickerson berkata bahwa “Ekonomi tiga perlima ekologi” sejak ekosistem menciptakan sumber dan membuang sampah, yang mana ekonomi menganggap dilakukan “untuk bebas”
Ekologi dan antropologi
Ekologi dan antropologi menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal. Antropologi ialah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi oleh lingkungan kita, ekologi ialah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi oleh tubuh dan pikiran kita.
 
Cabang-cabang ilmu ekologi:
·         Ekologi tingkah laku
·         Ekologi komunitas dan sinekologi
·         Ekologi fisiologi
·         Ekologi ekosistem
·         Ekologi evolusi
·         Ekologi global
·         Ekologi manusia
·         Ekologi akuatik
·         Ekologi api
·         Ekologi fungsional
·         Ekologi polinasi
·         Ekologi hutan
·         Ekologi laut
·         Ekologi laut tropis
·         Ekologi pangan dan gizi
·         Ekologi hutan mangrove
·         Ekologi kesehatan
·         Ekologi antariksa
·         Ekologi pedesaan
·         Ekologi serangga
·         Ekologi habitat
·         Ekologi pelestarian
·         Ekologi hewan
·         Ekologi produksi
·         Ekologi purbakala
·         Ekologi sosial
·         Ekologi radiasi
·         Ekologi tumbuhan pengganggu
·         Ekologi lanskap
·         Ekologi molekul
·         Ekologi robot
·         Ekologi industry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar